Kadis Perpustakaan Makassar Resmikan Layanan Terbaru Perpustakaan SD Mamajang Dan SD Sudirman

SeputaranSulsel, Makassar — Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tenri A Palallo didampingi Sekdis Perpustakaan, A. Mappanyukki meresmikan layanan baru Perpustakaan Cemerlang library SD Inpres Bertingkat Mamajang 3 dan Perpustakaan Samudera Ilmu SD Negeri Sudirman IV Kota Makassar, Sabtu (23/07/2022). 

Peresmian layanan baru yang dilaksanakan oleh kedua sekolah tersebut bertepatan dengan momen hari Anak Nasional 2022. Turut hadir dalam peresmian Kabid Dikdas Dinas Pendidikan, Muh. Guntur, Pengawas Sekolah, Hj. Sulastri dan Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tulus Wulan Juni.

“Perpustakaan Samudera Ilmu SDN Sudirman IV yang berdiri sejak tahun 2010 mengusung konsep layanan Samudera Ilmu, dengan slogan Buka Cakrawala Berpikir Seluas Samudera,” ungkap Plt. Kepala Sekolah, Sarwinah dalam sambutannya. 

Konsep tersebut diwujudkan dengan desain sarana dan prasarana yang unik seperti suasana di lautan di dalam Perpustakaan yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi murid. Disini kita akan menemui rak dan meja yang berbentuk ikan, biota laut di dinding Perpustakaan dan sebelum kita menuju Perpustakaan kita akan melewati pondok Baca dan melewati lorong kelas yg di desain seperti suasana pantai dan disetiap dinding kelas kita menemui Puding (Perpustakaan Dinding) yang berisi karya tulis siswa. Selain itu, ada juga teras baca dan keranjang baca.

Sedangkan Perpustakaan Cemerlang Library SD Inpres Bertingkat Mamajang 3 yang berdiri sejak tahun 2012 mengusung konsep Perpustakaannya dengan tagline Cemerlang dengan logo perpustakaan matahari yang bersinar. 

“Cemerlang dimaksudkan dengan kehadiran Perpustakaan akan membawa anak-anak berpikir cerdas dan cemerlang untuk masa depannya”, kata kepala sekolah Abd. Rahman. 

Ruang Perpustakaan pun di desain khusus dengan lukisan mural yang menarik bagi siswa dengan jumlah Koleksi lebih dari 2 ribu judul. Untuk menguatkan kegiatan literasi disekolah, kedua Kepala Sekolah membentuk Duta Literasi dari siswa dan Bunda Literasi dari Orang Tua Siswa.

Khusus Perpustakaan Samudera Ilmu SDN Sudirman IV memiliki Dara Ammaca, Daeng Ammaca dan Karaeng Ammaca.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar sangat mengapresiasi giat seluruh Kepala Sekolah di Kota Makassar yang mulai bangkit membenahi Perpustakaan di sekolahnya. 

“Ini semua berkat kerja keras kita mewujudkan layanan perpustakaan  sesuai standar untuk menumbuhkan budaya literasi sejak dini yang nyaman dan ramah bagi warga sekolah khususnya murid agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai potensinya.

Dinas Perpustakaan akan terus berupaya membantu mewujudkan semua sekolah memiliki Perpustakaan yang berkesesuaian dengan standar sesuai visi misi Bapak Walikota Makassar dalam mewujudkan 18 Revolusi Pendidikan dan Sekolah Bintang Lima”, terang Tenri.

Untuk mewujudkan Perpustakaan Sekolah yang berkesesuaian dengan Standar maka beberapa program dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar termasuk pendampingan Akreditasi Perpustakaan. 

“Alhamdulillah sejak tahun 2018, kami mulai memberikan pendampingan kepada Sekolah melalui program Sentuh Pustaka dan hasilnya sudah ada 19 Perpustakaan Sekolah yang terakreditasi.

Tahun ini ada 20 Perpustakaan Sekolah yang akan mengikuti akreditasi atau ada kenaikan 100%. Kenaikan ini terjadi setelah kita coba program inovasi baru PASTII PAS atau akronim Pendampingan Perpustakaan Lima Hari Persiapan Akreditasi.

Sebelum mengikuti program PASTII PAS mereka mengikuti program Sentuh Pustaka dulu,” papar Tulus, Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *