Guna Menyediakan Data Yang Akurat Dan Terintegrasi, Dinas Kominfo Makassar Gelar Bimtek Penyusunan Standar Data Dan Metadata Statistik Sektoral

SeputaranSulsel, Makassar — Perencanaan dan Penyusunan kebijakan pembangunan suatu daerah sangat memerlukan data sektoral yang akurat. Dimana data sektoral tersebut menjadi sangat signifikan dalam mengevaluasi maupun menentukan Visi Misi pemerintahan dalam satu atau beberapa tahun kedepan.

Hal ini di ungkapkan Staf Ahli Walikota Makassar Bidang Ekonomi, Keuangan Dan Pembangunan Pemerintah Kota Makassar, Irwan Rusfiady Adnan saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Membangun Metadata Statistik Sektoral dengan mengusung tema “Penyusunan Standar Data Dan Metadata Statistik Sektoral Kota Makassar Tahun 2022” yang dilaksanakan Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar Di Hotel Aston, Jalan Sultan Hasanuddin, Kota Makassar. Rabu, 23/11/2022.

Lanjut Irwan, Pada era industri 4.0, sebagai pemerintah kita di tuntut untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi seperti IOT (Internet Of Things), Robotika untuk merevilatisasi industri, TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan memaksimalkan kecepatan dalam penyediaan informasi daerah.

“Dalam pelaksanaan tata kelola data khususnya data sektoral koordinasi antar SKPD sangatlah penting oleh karena itu kegiatan Bimtek ini harus didukung agar seluruh SKPD dan produsen data di kota Makassar memiliki pemahaman dan kapasitas yang sama dalam menyediakan dan mengelola data masing-masing urusan sehingga tersedia data yang akurat dan terintegrasi pada satu portal data Kota Makassar”, ungkap Irwan Adnan yang juga mantan Kepala Bapenda Kota Makassar ini.

Menurut Suhendra, S.STP selaku panitia pelaksana kegiatan mengatakan bahwa Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Dinas Kominfo Makassar setiap tahunnya melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis dan diseminasi data statistik sektoral dalam upaya memproduksi data yang mutakhir, dimana data tersebut open akses bagi siapa saja baik dalam pemerintahan, masyarakat maupun pihak swasta yang membutuhkannya.

Adapun narasumber yang hadir pada kegiatan ini, yakni Ir. Abd. Asman, M.Si, DR. Zaenal Abidin, SE.MM serta di ikuti oleh peserta dari lingkup SKPD dan Kecamatan Pemerintah Kota Makassar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *