Rakorsus 2023 Pemkot Makassar, Ciptakan Makassar yang Resiliensi, Adaptif dan Ramah Lingkungan

SeputaranSulsel, Makassar — Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) 2023 Pemkot Makassar sebagai bagian mewujudkan Makassar yang resiliensi (tangguh) secara ekonomi, sosial, dan kebencanaan.

Lalu adaptif terhadap teknologi sebagaimana mengusung tema Resiliensi dengan Metaverse dan mewujudkan kota masa depan ramah terhadap lingkungan yang berkesinambungan.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pembangun kota yang Resiliensi, Sombere and Smart City menjadi poin penting dalam Rakorsus 2023 ini.

Didampingi Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi, Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengungkapkan resiliensi sudah ada dalam RPJMD, program strategis, dan visi-misi ADAMA. Selanjutnya ialah mengejawantahkannya.

“Ada dua hal yang ingin kita tuju, yaitu  membangun kota resiliensi dan membangun kota yang Sombere and Smart City,” kata Danny Pomanto di sela-sela pembukaan Rakorsus 2023 di Hotel Four Point by Sheraton, Selasa (14/03/2023).

Secara umum, lanjut dia, resiliensi ialah membangun kota yang berdaya tahan terhadap bencana. Dirinya mencatat, ada tiga bencana yang dialami, pertama bencana alam; banjir, ROB, angin puting beliung, dan kekeringan.

Kedua, bencana pandemi dan endemi. Ketiga, bencana sosial; narkotika, kemiskinan, SARA, stunting, dan hoax.

Selanjutnya ialah mewujudkan kota masa depan yang berkelanjutan. Yakni, low carbon city (ramah lingkungan), transportasi hijau, dan pemberdayaan melalui Lorong Wisata (Longwis).

“Di longwis, ada banyak konten-konten yang menarik. Seperti, food security, influencer control, dan startup lorong. Hari ini sudah ada 1.096 longwis yang dikontrol lewat Sombere and Smart City,” ucapnya.

Pemkot Makassar juga mempersiapkan diri memasuki era virtual; Makassar Metaverse atau Makaverse. “Maka dengan itu, hari ini kita akan dicerahkan dengan ahli-ahli menyangkut semua hal yang kita sampaikan tadi. Saya berharap seluruh OPD memberikan respon,” jelasnya (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *