DP2 Kota Makassar Gelar Sosialisasi Pengukuran Geospasial Lahan Pertanian

SeputaranSulsel, Makassar — UPT Penyuluhan Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar menggelar Sosialisasi pengukuran Geospansial Lahan Pertanian di Aula Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Barombong. Selasa, 16/05/2023.

Plt Kepala UPT Penyuluhan DP2 Makassar, Rostiati menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni 16 Mei di BPP Barombong dan 17 Mei di BPP Sudiang.

Tujuannya untuk menambah informasi bagi para penyuluh pertanian kota makassar agar terampil dalam menerapkan teknologi dalam pengukuran lahan pertanian dengan akurat, sehingga diperoleh data Geospasial yang akurat.

“Data Geospasial adalah data tentang lokasi geografis , dimensi atau ukuran dan atau karakteristik objek alam dan atau buatan manusia. Data ini lalu diolah menjadi informasi Geospasial sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan”, jelasnya.

Informasi ini disajikan melalui aplikasi sistem informasi Geografi (SIG) yang menyajikan informasi dalam bentuk grafis dengan menggunakan peta sebagai media tampilan grafis.

“Implementasi SIG dalam bidang pertanian dimanfaatkan untuk Analisis kesesuaian lahan, pemetaan potensi lahan pertanian untuk menekan alih fungsi lahan yang tidak semestinya, pembangunan infrastruktur pertanian”, ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *