Lembaga Seni Adat Budaya Sulawesi ParewaBessi Gelar Pementasan Seni “Restropeksi Budaya Etnis Tionghoa Dan Bugis Makassar

SeputaranSulsel, Makassar — Lembaga Seni Adat Budaya Sulawesi (Parewa bessi) mengadakan kegiatan pementasan seni budaya yang bertajuk “Restropeksi Budaya Etnis Tionghoa Bugis Makassar” di Fort Roterdam, Kota Makassar. Sabtu, 21/10/2023.

Kegiatan ini menghadirkan Perwakilan Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah XIX Laode Arsil, PD INTI Sulawesi Selatan Bapak Rudy Gunawan, Ketua DPP LSABS Parewabessi Andi Ashari serta kurang lebih 300 peserta dari berbagai Komunitas Lembaga Pusaka, dan Pemerhati Budaya.

Etnis Tionghoa Salah satu etnis yang besar yang ada di kota Makassar yang sejak dari dahulu memiliki peran dalam perkembangan Kota Makassar.

“Jadi ini salah satu program Fasilitasi Pemajuan Kebudayaan (FPK tahun 2023) Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. sebagai bagian dari pemegang amanah UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan,” ucap Andi Oddang selaku ketua panitia kegiatan.

Program dimaksudkan untuk mendukung revitalisasi, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas keberadaan pelestari budaya dalam rangka pelestarian kebudayaan untuk penguatan karakter dan jati diri bangsa, Lembaga Seni Adat Budaya Sulawesi-Parewa Bessi bekerjasama PD INTI Sulawesi Selatan, Sanggar seni Reaksi 78 Maros, sanggar seni Barasa’, pemusik Langgam dan Barongsai dari Klenteng XiangMa.

Ada banyak manfaat dari kegiatan ini yakni Meningkatkan wawasan dan kecintaan terhadap warisan budaya di Kota Makassar dan Mendorong peran dan partisipasi generasi muda untuk terlibat dalam pelestarian dan pengembangan budaya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *