Dinas Kebudayaan Makassar Lakukan Kunjungan Kerja Ke Museum Nekara Selayar

SeputaranSulsel, Selayar — Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Makassar melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Selayar. Kabupaten Kepulauan Selayar terletak di bagian ujung selatan Propinsi Sulawesi Selatan.

Daerah yang dijuluki Tanadoang ini memiliki wilayah yang meliputi daratan dan lautan.

Rombongan Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Makassar melakukan kunjungan ke Bangunan Museum Nekara yang terletak di jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Bontobangun, Kabupaten Selayar. Kamis, 26/10/2023.

Museum Nekara ini berbentuk rumah panggung dari kayu. Di dalam Museum ini terdapat berbagai macam koleksi peninggalan sejarah dari Belanda Jepang hingga Cina.

Kepala UPTD Museum Nekara, Sarifuddin S.Pd yang menerima rombongan Disbud Kota Makassar ini mengatakan bahwa koleksi yang terdapat didalam museum ini ada berbagai macam seperti Brangkas, Koin dari Cina dan Belanda, berbagai macam Keramik, miniatur rumah adat Selayar, baju adat Selayar yaitu Baju La’Bu, teks kuno masjid tua Gantarang di Selayar, mata tombak perunggu, senjata api, bahkan katana atau pedang dari Jepang juga bisa dilihat di museum ini.

“Dari beberapa Koleksi Museum terdapat Keramik dan Koin yang merupakan peninggalan Arkeologi Bawah Laut yang di temukan di wilayah laut Bonto Sikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar”, ungkap Sarifuddin dihadapan rombongan Disbud Makassar.

Lanjut Sarifuddin, Bahwa temuan berupa Piring keramik, Mangkok dan Koin Cina ini merupakan peninggalan dari masa Dinasti Song Abad ke 10-13.

“Temuan Arkeologi bawah laut ini merupakan hasil Ekskavasi Situs Cagar Budaya bawah air yang dilakukan oleh Kelompok Kerja Pengendalian Situs Cagar Budaya Bawah Air Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Sulawesi Selatan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar, Polairut dan masyarakat dari Kecamatan Bontosikuyu”, tutur Sarifuddin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *