Kemkominfo Gelar Insight Sharing Session Transformasi Digital untuk Mengoptimalkan Potensi pada 6 Sektor Strategis

SeputaranSulsel, Makassar — Kementerian Komunikasi Dan Informatika (Kemkominfo) melalui Direktorat Ekonomi Digital Kominfo mengadakan acara Insight Sharing Session : “Transformasi Digital di 6 (Enam) Sektor Strategis” yang di gelar di Hotel Four point Sheraton Makassar, Jalan Andi Djemma, Kota Makassar. Rabu, 26/10/2022.

diketahui Kemkominfo berupaya untuk membangun fundamental digital nasional secara lebih terstruktur dan masif, hal ini sejalan dengan Visi Indonesia 2045 dan Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) 2020-2024 yakni mendorong percepatan transformasi digital.

Acara Insight Sharing Session ini dibuka oleh Ir. Wijayanto, M.M selaku Ketua Tim Transformasi Digital Pertanian, Maritim dan Logistik , mewakili Ir. I Nyoman Adhiarna M. Eng, Ph.D, Direktur Ekonomi Digital

Dalam sambutannya, Wijayanto mengataka bahwa Dalam upaya menjalankan transformasi digital ini, kami tidak dapat bergerak sendiri.

“Kami akan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan dan Kami juga akan mendorong pengembangan ekosistem digital diantaranya para pelaku start-up digital yang dapat mendukung pengembangan sektor strategis melalui sinergi dan kolaborasi dengan Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah di tingkat Provinsi / Kabupaten / Kota dan pihak-pihak lainnya dalam melakukan proses transformasi digital, sehingga diharapkan memberikan dampak signifikan terhadap kemajuan perekonomian Indonesia”.

Lanjut Wijayanto, Salah satu upaya Direktorat Ekonomi Digital Kominfo untuk merealisasikan tujuan strategis tersebut adalah untuk menginisiasi beberapa program akselerasi transformasi digital di 6 sektor strategis seperti pertanian, maritim, logistik, pendidikan, kesehatan dan pariwisata untuk mengoptimalkan potensi pada keenam sektor tersebut.

Pada kegiatan ini turut dihadiri oleh pemangku kepentingan ekosistem digital Indonesia termasuk Kementerian / Lembaga / Dinas baik dari tingkat Pusat maupun Daerah serta Kearney, sebuah perusahaan konsultansi manajemen global.

Kegiatan ini dibagi dalam beberapa sesi diskusi yang dipandu oleh tenaga ahli dan praktisi terkemuka dalam sektor terkait serta berkolaborasi dengan sejumlah start-up di bidang pertanian, maritim, logistik, pendidikan, kesehatan dan pariwisata.

Topik yang didiskusikan dalam Insight Sharing Session meliputi (i) diskusi mengenai tantangan utama di setiap sektor, (ii) diskusi tentang bagaimana pengadopsian teknologi digital dapat membantu mengatasi tantangan-tantangan utama, (iii) pengenalan tentang berbagai teknologi/contoh pemakaian solusi digital (use-case) tiap sektor dan (iv) diskusi mengenai prioritas digitalisasi masing-masing sektor. Dengan mengedepankan model kolaborasi dan kerjasama yang erat, Kominfo mengharapkan terciptanya ekosistem ekonomi digital Indonesia yang inklusif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Adapun sebagai sebuah rangkaian, Insight Sharing Session zona timur telah dihadiri oleh perwakilan dari berbagai pihak dan pemangku kepentingan. Acara ini adalah refleksi terhadap besarnya harapan bagi masa depan digital Indonesia dan merupakan simbol komitmen Pemerintah untuk mewujudkan potensi digital Indonesia.

Managing Partner dan Presiden Direktur Kearney Indonesia, Shirley Santoso mengungkapkan bahwa Transformasi digital yang inklusif adalah komponen penting untuk mencapai Visi Indonesia 2045.

“Melalui diskusi dan kolaborasi yang erat dengan stakeholders, strategi dan solusi digital yang tepat dapat dirumuskan untuk meningkatkan penggunaan teknologi di sektor strategis, meningkatkan akses dan kualitas layanan, meningkatkan efisiensi sektor dan mengembangkan ekosistem digital sektor-sektor prioritas”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *