Danny Launching Kendaraan Mini Bus Listrik Co’Mo Di HUT Kota Makassar

SeputaranSulsel, Makassar — Perayaan HUT Kota Makassar ke 415 tahun menjadi momen penting bagi Pemerintahan Kota Makassar.

Pasalnya, mobil inisiasi rancangan Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto yakni mini bus listrik yang dinamakan Co’mo atau commuter metromoda resmi dilaunching.

Prosesi launching ini disaksikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, Kapolda Sulsel, Nana Sudjana, Jajaran Forkopimda Kota Makassar, serta delegasi Australia, Bronwyn Robbins serta ribuan hadirin yang memadati Tribun Karebosi.

Co’mo ini merupakan alat transportasi massal rancangan Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto.

Dengan kapasitas dapat memuat 12 penumpang dan dapat menempuh jarak sebanyak 160 kilometer.

Mobil listrik menggunakan baterai ganda yang bekerja bergantian secara otomatis dengan sistem pengisian baterai solar cell.

Danny menciptakan kendaraan ini untuk mengangkut wisatawan berkeliling mengunjungi Lorong Wisata dalam wilayah Kota Makassar.

Penumpang Co’mo sendiri akan disuguhkan dengan kacamata VR, yang memperlihatkan metaverse dari Lorong Wisata yang akan dikunjungi.

Mobil ini sejalan dengan amanah Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2021 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Danny Pomanto juga menjelaskan, mesin yang digunakan kendaraan listrik ini didatangkan langsung dari China.

Sementara perakit body bus mini ini berasal dari anak Makassar.

“Ini mesinnya dari China. Yang rakit ini berdedikasi dan pernah ada bengkelnya di Inggris. Anak-anak Makassar yang bikin tapi dia punya sertifikat dari luar,” tutur Danny.

Ia mengatakan, rakitan putra dari Makassar itu tidak perlu diragukan karena sudah aman.

“Aman. Karena ada sertfikatnya. Dia biasa memang memaintenance mobil golf dan itu putra Makassar,” kata Danny.

Jika rakitan mobil listrik itu berhasil dan mendapat izin Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), maka selanjutnya akan diserahkan ke Pemkot.

“Kita juga akan mendorong Co’mo miliki Hak Paten,” singkatnya.

Untuk langkah awal, Danny hanya melaunching satu unit Co’Mo sebagai prototipe awal. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *