Tenri A Palallo Ajak Para Kepsek Tingkatkan Mutu Dan Kualitas Perpustakaan Sekolah

Dinas Perpustakaan Kota Makassar kembali menggelar kegiatan Pembinaan Perpustakaan dengan Tema “Menuju Sekolah Bintang Lima”.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tenri A. Palallo mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu kepala sekolah dan para kepala perpustakaan sekolah.

Hal tersebut  dinyatakannya setelah melihat antusias para guru dan kepala sekolah telah hadir pada acara ini.

Dinas Perpustakaan Kota Makassar kembali menggelar kegiatan Pembinaan Perpustakaan dengan Tema “Menuju Sekolah Bintang Lima”.

Dinas Perpustakaan Kota Makassar  mengajak Kepala Sekolah dan pengelola perpustakaan di seluruh sekolah se-kota Makassar untuk bersama mewujudkan salah satu program Bapak Walikota Makassar yaitu terkait Revolusi Pendidikan Pembangunan 100 sekolah Bintang Lima.

Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan Perpustakaan Sekolah yang ketiga ini dilaksanakan melalui Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca dilaksanakan Senin 25 Juli 2022,  di Hotel Golden Tulip Essensial Jl. Sultan Hasanuddin No. 43 Makassar.

Dalam laporan kegiatannya Drs. Muh. Amran Kudus, MM. mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan pembinaan perpustakaan ini adalah untuk meningkatnya jumlah Perpustakaan Sekolah yang sudah terakreditasi di Kota Makassar.

Selain itu juga tersedianya Perpustakaan Sekolah yang sesuai Standar Nasional,

dan untuk menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan agar lebih baik dalam meningkatkan kepercayaan pemustaka sebagai pengguna perpustakaan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang ketiga dari delapan kegiatan yang direncanakan dan akan dilaksanakan pada tahun 2022.

Dalam kegiatan ini ada 100 peserta yang kami undang dan terdiri dari Kepala Sekolah dan Kepala Perpustakaan Se-Kota Makassar.

Para peserta merupakan sekolah yang akan dipersiapkan oleh Dinas Perpustakaan untuk mengikuti Akreditasi di tahun 2022.

Narasumber pada kegiatan kali ini adalah Direktur Lembaga Study Kebijakan Publik Drs. Andi Yudha Yunus, SH, MH, dengan materi “Menuju Sekolah Terakreditasi” dan Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tulus Wulan Juni, S.Sos dengan materi “Mekanisme Dan Simulasi Akreditasi Perpustakaan” dengan  moderator Pustakawan Ahli Muda Andika Cahyadi, SE. Ungkap Amran Kudus.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tenri A. Palallo, Pelaksanaan kegitan ini merupakan langkah percepatan yang dilakukan dalam pencapaian sekolah yang terakreditasi.

Dikatakan, Visi Pemerintah Kota Makassar Bapak Walikota Dani Pomanto dan Ibu Wakil Walikota Fatmawati Dimana bapak dan ibu kepala sekolah harus mengerti dan paham terkait Misi dan Visi Pemerintah Kota Makassar, yakni Misi 1 (M1) yaitu Revolusi SDM dan percepatan reformasi birokrasi menuju SDM Kota yang unggul dengan pelayanan publik kelas dunia bersih dari indikasi korupsi.

Program 1 (P1) adalah Revolusi Pendidikan, Semua Harus Sekolah dan Pada Kegiatan (K2) yaitu Pembangunan 100 Sekolah Bintang 5 yang merupakan target Pemerintah Kota Makassar Selama 5 Tahun”, Ujar Tenri.

“Salah satu persyaratan untuk menuju Sekolah Bintang 5 yakni terwujudnya perpustakaan sekolah yang sesuai Standar Nasional, Perpustakaan (SNP) dan Terakreditasi.

Jadi hari ini bagian dari yang kami lakukan adalah peningkatan kapasitas kepala sekolah dan pengelola perpustakaan sekolah.

Kami juga sudah mempersiapkan Tim dari Dinas Perpustakaan yang terdiri dari Pustakawan dan Staf kami, yang siap untuk turun membina terkait tata cara pengelolaan perpustakaan sekolah serta komponen-komponen Akreditasi.

Jadi saya kembali mengingatkan bahwa penilaian akreditasi perpustakaan sekolah bukan hanya sampai disini saja, tapi bagaimana cara kita mempertahankan serta meningkatkan kualitas perpustakaan yang telah kita bangun”, pungkas Tenri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *