Disbud Makassar Ramaikan Festival Takabonerate & Dive Camp 2023 di Kabupaten Selayar

SeputaranSulsel, Selayar — Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Makassar turut meramaikan Festival Takabonerate & Dive Camp 2023 dengan menampilkan Tarian Masitasi dan Tari Pepeka Ri Makkah di Taman Pelangi Festival Takabonerate & Dive Camp 2023 Kabupaten Selayar. Kamis Malam, 26/10/2023.

Tarian Masitasi merupakan singkatan dari Mali’Siparappe, Tallang Sipahua yang memiliki makna agar tidak tenggelam terbawa arus air kita harus saling tolong menolong, sedangkan Tarian Pepeka Ri Makka secara historis terkait dengan penyebaran agama Islam sekitar abad ke-17.

Dalam atraksi Tari Pepe-pepeka Ri Makkah, penari mengajak Tamu kehormatan pada acara itu dibakar tubuhnya menggunakan api dari obor selama sekitar satu menit dan di iringi Musik gendang dan tarian selama prosesi “pembakaran”

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si. yang hadir selaku tamu kehormatan pun diajak ke atas panggung untuk mencoba atraksi Tari Peppe ka Ri Makka

“Saya sangat mengapresiasi penampilan sanggar binaan Dinas Kebudayaan kota Makassar ini, sangat menarik dan saya sendiri baru merasakan di bakar langsung”, ungkap Bahtiar Baharuddin.

Sementara itu, Kepala Bidang Penerapan Budaya Dan Kesenian pada Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Makassar, Irmayanti, S.Hut. MM mengatakan bahwa penampilan tarian dari Binaan Disbud ini sangat menarik dan atraktif.

“Alhamdulillah, Dengan persiapan yang sangat matang dan latihan yang baik tampilan sanggar seni Patonro dan Paropo tampil memukau penonton di Taman Pelangi Kabupaten Kepulauan Selayar”, ucap Irmayanti.

Festival Takabonerate dan Dive Camp 2023 ini digelar selama 5 hari dan pelaksanaannya akan menyajikan beberapa event yang menggabungkan antara event Wisata Bahari, Wisata Alam, Wisata Budaya dan Wisata Sejarah yang didukung oleh penampilan kesenian kontemporer dari daerah Sulawesi Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *