Sanggar Tari Binaan Disbud Makassar Tampil Memukau Di Festival Pinisi XIII Bulukumba

SeputaranSulsel, Makassar — Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Makassar turut meramaikan Festival Pinisi XIII Bulukumba Experience The World Heritage yang diselenggarakan di Bira, Kabupaten Bulukumba, Propinsi Sulawesi Selatan. Jumat, 27/10/2023.

Disbud Makassar pun menampilkan Tarian To Pabbiring dan Tari Pepe-pepeka Ri Makka.

Penari dari Sanggar Binaan Disbud makassar ini pun tampil memukau penonton yang hadir di acara tersebut.

Dalam atraksi Penari Pepe-pepeka ri makka menjemput satu persatu tamu kehormatan untuk merasakan sensasi tubuh yang dibakar dengan mengunakan api dari obor dengan diiringi musik gendang dan syair.

Tari Pepe-pepeka ri makka ini secara historis terkait dengan penyebaran agama Islam sekitar abad ke-17 terutama di Kab Gowa yang merupakan gerbang awal masuknya agama Islam. tradisi rakyat yang bernafaskan Islam yang dilengkapi dengan properti api.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf yang hadir pun sangat mengapresiasi tarian yang di tampilkan dari sanggar binaan Disbud Kota Makassar ini.

“Penampilan aktraksi penari ini sangat menarik, sangat memukau penonton yang menyaksikan acara ini”, ungkap Andi utta panggilan akrab Bupati Bulukumba ini.

Ketua TP.PKK Kabupaten Bulukumba yang juga sekaligus Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Andi Herfida Attas mengungkapkan bahwa Tarian ini diharapkan mampu mengedukasi masyarakat.

“Dimana didalam Penampilan tersebut tersirat pesan akan pentingnya pelestarian nilai-nilai budaya dan kesenian lokal”, tutur Andi Herfida.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *